PPCIndo

Rabu, 05 September 2012

Perbedaan 32 bit dengan 64 bit


Mungkin ada yang belum tau mengenai perbedaan antara operating system 32 bit dengan 64 bit.

Sebenarnya perbedaan yang mendasar adalah mengacu pada processor itu sendiri. Processor 32 bit mempunyai unit penyimpanan data terkecil (register2) yang berukuran 32 bit, sedangkan Processor 64 bit memiliki register2 yang berukuran 64 bit.
Processor 64 bit tingkat kecepatan dalam membaca dan mengolah data bisa mencapai dua kali lipat lebih cepat dibandingkan 32 bit. Secara sistem, semakin banyak data yang dapat diolah dalam waktu yang bersamaan, semakin cepat pula sistem tersebut beroperasi.
Untuk penggunaan software sendiri, masing-masing mempunyai tipikal. Software yang digunakan harus mengikuti jenis hardware yang digunakan, dan harus di cek, apakah software tersebut support untuk hanya 32 bit atau 64 bit saja, atau bisa keduanya. Karena banyak software yang hanya bisa digunakan pada processor 32 bit dan tidak bisa dijalankan pada processor 64 bit, begitu juga sebaliknya.

Cara mengetahuinya bagaimana?

Windows Vista dan Windows 7

* klik START ->  ketik “system” (tanpa tanda kutip) pada kotak search -> klik SYSTEM pada daftar search ->  lihat pada bagian “System”, kita bisa melihat jenis processor yang digunakan.
Untuk operating system 64 bit, tertulis: x64 bit-based PC, sedangkan untuk operating system 32 bit, tertulis: x86.

Windows XP

* klik START -> Run -> ketik “sysdm.cpi” tanpa tanda kutip, kemudian klik OK -> klik System Summary -> Processor
Untuk operating system 64 bit, tertulis: ia64 atau AMD64, sedangkan untuk operating system 32 bit, tertulis: x86 bit-based PC.

Dengan mengetahui spesifikasi ini, kita bisa mencari dan menginstal program-program yang sesuai dengan kemampuan hardware kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar